Kelor dan Kecantikan Kulit

kulit-1Mempertahankan keindahan organ tubuh terbesar – kulit, adalah sangat penting karena kulit yang mulus bersinar ciri tampilan yang menarik. Selain manfaat eksternal yang jelas, memiliki kulit mulus juga merupakan indikasi kesehatan yang baik secara keseluruhan.

Namun, memiliki kulit indah tidak begitu mudah bagi banyak orang. Beberapa masalah kulit yang umum adalah jerawat, eksim, kutil, ruam, dll. Banyak orang bersedia untuk menghabiskan waktu dan uang untuk menyingkirkan masalah kulit tersebut. Ada begitu banyak produk perawatan kulit yang tersedia yang dapat digunakan, beberapa alami sementara beberapa yang berbasis kimia.

Menurut dermatolog Nicholas V. Perricone, MD., Peradangan tingkat rendah menimbulkan penuaan dan penyakit yang berkaitan dengan usia, Perricone mengatakan, “Peradangan pada Kulit terjadi karena kulit selalu terpapar oleh matahari, cuaca, polusi dan beragam produk, karena kulit adalah antarmuka antara lingkungan dan tubuh kita. Jadi cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit dan memperlambat proses penuaan adalah untuk mengambil nutrisi dengan aktivitas anti-inflamasi kuat secara teratur. Melalui pendekatan three-tier yang melibatkan diet, suplemen, dan krim, kita dapat mengontrol proses penuaan”.  Kelor telah diketahui mengandung 36 anti-inflamasi.

Serbuk Daun Kelor

Kelor mengandung sitokinin (hormon alami yang menginduksi pembelahan sel, pertumbuhan, dan penundaan penuaan sel). Daun kelor telah diketahui mengandung zeatin ribuan kali lipat dari tanaman lain yang pernah diuji. Zeatin memegang peran sangat penting dalam peremajaan sel-sel kulit.

Studi klinis telah menunjukkan Zeatin merupakan sifat anti-penuaan pada manusia. Siklus kulit manusia hidup sekitar 300 hari. Setiap menit lebih dari 40.000 sel-sel kulit mati individual. Dengan adanya Zeatin, siklus kulit manusia telah dirubah oleh fakta bahwa sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat daripada sel-sel yang lebih tua mati. Hal ini mengakibatkan pengurangan menakjubkan kerutan pada wajah dan bagian lain dari tubuh.

Zeatin, adalah anti-oksidan kuat tertinggi dengan sifat anti-penuaan. Zeatin memperlambat proses penuaan dengan membantu menggantikan sel-sel tubuh pada tingkat yang lebih cepat daripada usia mereka, dan memberikan penampilan yang lebih muda pada kulit. Sebuah studi tahun 2004 oleh Seneteck PLC menunjukkan bahwa Zeatin tidak mengganggu kontrol genetik seluler umur  yang mempromosikan pemeliharaan ukuran sel kecil (penentu utama dari kulit muda), dan mencegah akumulasi kerusakan makromolekul dalam sel. Zeatin pun ditemukan meningkatkan aktivitas anti-oksidan untuk melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas selama proses penuaan sel dan melindungi sel-sel sehat dari stres kehidupan sehari-hari.  Kelor mengandung Zeatin lebih dari beberapa ribu kali dibanding tanaman yang dikenal lainnya.

Minyak Kelor

Apakah Anda tahu bahwa minyak dari kernel biji Kelor adalah produk hebat untuk perawatan kulit? Hal unik dari minyak alami lain yang juga efektif untuk perawatan kulit karena minyak  kelor dikatakan memiliki stabilitas oksidasi yang luar biasa. Fakta ini bukanlah penemuan baru, penggunaan minyak kelor untuk kesehatan kulit sudah diketahui sejak zaman Mesir Kuno. Vas minyak kelor telah ditemukan di makam Mesir Kuno.

Minyak Kelor bisa menjadi obat untuk masalah kulit termasuk juga dapat mencegah atau mengobati keriput. Menggunakan minyak kelor pada kulit sangat mudah. Untuk menikmati manfaat kelor bagi kulit indah anda, cukup oleskan minyak kelor dan pijat ringan pada kulit. Biarkan selama beberapa menit sehingga vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya akan bekerja secara alami pada kulit.

Minyak Kelor juga dapat digunakan untuk mempertahankan penampilan muda kulit anda karena minya Kelor merupakan pelembab yang efektif sehingga mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan. Bahkan dikatakan bahwa banyak anti-penuaan produk mengandung minyak kelor. Kelor sangat kaya sifat antioksidan yang sangat efektif untuk membersihkan kulit dari kotoran sehingga merupakan obat yang efektif untuk jerawat.

sumber : disarikan dari berbagai sumber.

admin

Keloris | Pendiri Pusat Informasi dan Pengembangan Tanaman Kelor Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>