Mencuci Wajah Seharusnya Pakai Air Dingin atau Air Hangat?

mencuci-wajah-seharusnya-pakai-air-dingin-atau-air-hangatVemale.com – Pernahkah Anda mendengar hal-hal yang berkaitan dengan mencuci wajah seperti ini: Membasuh wajah dengan air hangat bisa membuka pori-pori kulit dan mempercepat proses membersihkan kulit atau mencuci wajah dengan air hangat bisa mengencangkan kulit dan mencegah munculnya keriput. Ladies, ada banyak sekali mitos yang berkaitan dengan cara mencuci wajah yang benar. Lalu, sebaiknya kita mencuci wajah dengan air dingin atau hangat?

Seperti yang dilansir oleh health.howstuffwork.com, saat mencuci wajah, sebaiknya kita tak menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin karena malah bisa merusak kulit wajah. Tapi sebelumnya, kita perlu meluruskan hal yang satu ini: pori-pori kulit tidak membuka dan menutup. Jadi menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori dan menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori tidak sepenuhnya benar.

Dr. Jeffrey Dover, seorang dermatolog dari Boston sekaligus co-director SkinCara Physicians mengungkapkan bahwa air hangat bisa membersihkan wajah lebih mudah daripada air dingin. Tapi perlu berhati-hati lagi karena kalau suhu air terlalu panas, maka kulit bisa iritasi dan pembuluh darah pun bisa pecah. Dengan kata lain, pilihlah air dengan suhu yang sedang untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan pada kulit kita.

Tapi semua dermatolog sepakat bahwa air hangat adalah ari yang tepat untuk digunakan untuk membasuh wajah. Seperti Jessica Krant, MD yang pernah mengungkapkan bahwa meskipun membasuh wajah dengan air hangat itu rasanya nyaman, tapi air es atau air hangat-hangat kuku juga bisa memberikan manfaat tersendiri. Karena air hangat bisa saja terlalu cepat menghilangkan minyak alami yang sehat dari kulit.

Jadi kesimpulannya?

Usahakan tidak membasuh atau mencuci wajah dengan air hangat yang terlalu panas(steaming hot water). Untuk hasil terbaik, cuci wajah sekali sehari di malam hari dengan menggunakan air hangat-hangat kuku. Setelah membersihkan wajah, gunakan air dingin lalu tepuk-tepuk kulit wajah dengan handuk bersih untuk. Baru setelah itu kenakan pelembab atau krim malam untuk menjaga kelembaban wajah.

Disalin dari : Vemale.Com

admin

Keloris | Pendiri Pusat Informasi dan Pengembangan Tanaman Kelor Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>