KSO – Proses Produksi

Proses KSO 1Polong tua kering di pohon, berwarna coklat dan membelah dengan sendirinya. Polong seperti ini menghasilkan biji tua berkualitas baik untuk produksi KSO (Kelorina Seed Oil).

Polong tua dikupas untuk diambil bijinya, kemudian biji matang pohon itu dikupas manual untuk diambil kernel atau bagian dalam bijinya.

Setelah dibersihkan dari semua kulit biji, Kernel Kelor dijemur dalam rak-rak dalam ruangan tertutup dengan suhu maksimal 40 oC.

Kadungan air dalam kernel sangat mempengaruhi kualitas KSO yang dihasilkannya. Kernel yang ditumbuhi jamur akan membuat minyak berwarna coklat gelap, bukan kuning keemasan (pale yellow).

Kernel yang telah kering diperas dengan mesin peras uril stainless steel yang akan menghasilkan minyak Kelor yang bercampur dengan bubur biji dan ampas biji. Bubur biji Kelor setelah mengendap digunakan sebagai lulur atau scrub yang memberikan nutrisi pada kulit tubuh.

Proses KSO 3Minyak hasil perasan kemudian diendapkan selama 15 hari untuk memisahkan bubur biji dengan minyak murninya.

Pemisahan secara alami ini menjamin tetap terjaganya kualitas KSO karena air dan polutan lainnya turut mengendap dalam bubur biji. Sifat biji Kelor adalah koagulan yang dapat menjernihkan dan mengendapkan kotoran, bahkan bakteri dan jamur sekalipun.

Proses KSO 4Minyak biji Kelor murni yang telah terpisah secara alami, kemudian dikemas dalam botol kaca. Minyak Biji Kelor murni tahan tidak tengik lebih dari 5 tahun.

 

Proses KSO 5Proses produksi Kelorina Seed Oil ini dapat Anda ikuti dan saksikan di Griya Kelorina – Blora dan Bali.  Bila Anda berminat, silahkan kontak ke 081 578 587 008.

Kami terbuka untuk siapa saja yang ingin mengetahui bagaimana seluruh rangkaian produk Kelorina Skincare dibuat.

admin

Keloris | Pendiri Pusat Informasi dan Pengembangan Tanaman Kelor Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>